ANDI SURYANTO

Kamis, 07 Februari 2013

mounting hardisk di ntfs ubuntu/mint

post by : andi suryanto

Anda sebagai pemula dalam menggunakan OS Linux sama seperti saya, saya pemula pengguna Ubuntu dan saya sempat bingung kenapa setelah Ubuntu saya update tiba-tiba partisi NTFS tidak terbaca. setelah otak-atik dan cari-cari artikel akhirnya berhasil Mounting harddisk NTFS.


Mounting harddisk NTFS bisa dilakukan dari CLI dengan perintah sebagai berikut :

# mount -t ntfs /dev/sda5 /media/sda5

Perintah di atas dijalankan dengan asumsi bahwa harddisk tersebut terbaca sebagai device dengan alamat /dev/sda5 dengan filesystem NTFS, device ini kemudian akan dimounting ke directory /media/disk1. Sederhana bukan? Namun ada kalanya perintah di atas tidak berjalan seperti yang diharapkan, misalnya hanya termounting sebagai read-only atau bahkan tidak termounting sama sekali. Nah, dalam keadaan seperti ini perlu dilakukan sedikit perubahan perintah, dalam hal ini kita akan menggunakan NTFS-3G sebagai driver dan interface-nya. NTFS-3G merupakan sebuah implementasi cross-platform opensource untuk filesystem proprietary NTFS milik “You Know Who” dengan dukungan read-write. Baris perintahnya adalah sebagai berikut :

# mount -t ntfs-3g /dev/sda5 /media/sda5

Jika dengan perintah di atas HD NTFS tersebut belum bisa termounting, maka perlu ada sedikit pemaksaan. Tambahkan perintah -o force, sehingga hasil akhir perintahnya menjadi :

# mount -t ntfs-3g /dev/sda5 /media/sda5 -o force

Sayangnya cara mounting manual seperti ini akan hilang efeknya ketika mesin yang bersangkutan di-reboot. Supaya konfigurasi ini tetap efektif tanpa mengulang-ulang perintah di atas, maka perlu dilakukan penyuntingan berkas /etc/fstab. Tambahkan baris berikut pada berkas /etc/fstab :

/dev/sda5 /media/sda5 ntfs-3g force 0 0

Percobaan untuk artikel kadaluwarsa ini menggunakan Ubuntu 8.10, di mana NTFS-3G telah terintegrasi di dalamnya. Bagi pengguna distro lain yang tidak menyertakan driver NTFS-3G, silahkan instal driver NTFS-3G terlebih dahulu.

dengan cara :
~$ sudo apt-get install ntfs-3g ntfs-config

0 komentar:

Posting Komentar