ANDI SURYANTO

Selasa, 05 Februari 2013

belajar membuat repository untuk pemula



Pengertian repositori pada dasarnya sama saja, merupakan “Kumpulan dari berbagai macam aplikasi yang berasal di internet, dikumpulkan menjadi satu, dikemas pada media DVD (contohnya) termasuk didalamnya software aplikasi, games, multimedia, internet, office, themes”. Beberapa disto linux menyediakan repositorinya sesuai dengan distribusinya masing-masing, kali ini dimana kita akan membuat repositori lokal debian 6 squeeze yang ditujukan untuk distro debian 6 squeeze.
Mengapa membuat repositori lokal?, dengan repositori lokal, anda akan memiliki sebuah media penyimpanan berbagai macam aplikasi yang anda butuhkan yang tersimpan secara “lokal” di dalam media penyimpanan tertentu seperti hardisk internal anda, dengan demikian anda tidak perlu lagi melakukan instalasi paket aplikasi yang anda butuhkan melalui media internet seperti biasanya, dimana peran cepat atau tidaknya akses internet yang anda miliki, akan sangat mempengaruhi sekali waktu akses yang anda butuhkan untuk melakukan instalasi paket aplikasi yang anda butuhkan.

Mendapatkan file-file repositori yang diibutuhkan.
Untuk mendapatkan file-file repositori yang anda butuhkan, anda bisa membeli paket tersebut dibeberapa situs lokal yang memberikan jasa penjualan cd/dvd linux, anda hanya perlu mengganti biaya cd/dvd untuk duplikasi dan ongkos kirim tentunya, penulis tidak menuliskan beberapa situs penyedia jasa tersebut untuk menghindari kesan promosi, anda bisa melakukan browsing lebih lanjut untuk mendapatkannya, atau jika anda memiliki akses internet yang memadai atau memiliki rekan yang memiliki akses internet yang memadai, anda bisa mendownload file-file repositori tersebut pada beberapa mirror lokal (juga untuk distribusi linux lainnya yang anda butuhkan) seperti kambing.ui.ac.id, repo.ugm.ac.id ataupun mirror.unej.id. Screenshoot dibawah ini saya ambil dari situs repo.ugm.ac.id dimana saxa mendownload file-file repositori debian 6 squeeze tersebut
.

Jumlah file-file respositori yang dibutuhkan 8 DVD dalam bentuk iso. Download file-file repositori tersebut, setelah itu, kita akan melakukan beberapa konfigurasi untuk membuat repositori lokalnya.

Pembuatan repositori lokal.
Login sebagai root kemudian buat direktori sejumlah file-file repositori tersebut dengan perintah “mkdir /mnt/repo1″, buat 8 buah direktori sebanyak file-file repositori tersebut untuk me-mounting file-file repositori tersebut.
Kemudian mount file-file repositori yang telah anda miliki kedalam direktori yang sudah anda buat tadi. Sesuaikan dengan nama file-file repositori tersebut. Untuk memudahkan proses konfigurasi, saya merename file-file repositori tersebut menjadi 1.iso, 2.iso dst. konfigurasikan dengan perintah “mount -o loop “media anda menyimpan file repositori anda” /”direktori yang telah anda buat untuk menampung file-file repositori tersebut. File-file repositori saya terdapat dalam direktori /mnt/data/nama repositori.iso. Perintah yang saya gunakan adalah :
“mount -o loop /mnt/data/1.iso /mnt/repo1″, “mount -o loop /mnt/data/2.iso /mnt/repo2, dst( sesuaikan dengan file-file repositori yang ada) hingga terdapat 8 buah mount file repositori sejumlah file-file repositori yang anda miliki.
Edit sources.list anda dengan perintah “gedit /etc/apt/sources.list”, hapus seluruh isi file yang ada kemudian isi dengan konfigurasi seperti ini :

deb file:///mnt/repo1 squeeze contrib main
deb file:///mnt/repo2 squeeze contrib main
deb file:///mnt/repo3 squeeze contrib main
deb file:///mnt/repo4 squeeze contrib main
deb file:///mnt/repo5 squeeze contrib main
deb file:///mnt/repo6 squeeze contrib main
deb file:///mnt/repo7 squeeze contrib main
deb file:///mnt/repo8 squeeze main

simpan, kemudian update file repositori anda 
dengan perintah "apt-get update" (seperti screenshoot dibawah ini)

untuk melakukan pengujian, anda bisa mencoba melakukan instalasi paket aplikasi 
yang anda butuhkan dengan perintah "apt-get install "nama aplikasi". 
Kini anda bisa mengintalasikan beberapa paket aplikasi yang anda butuhkan secara "lokal", 
sehingga anda tidak harus terhubung dengan internet 
untuk mendapatkan paket aplikasi yang anda butuhkan. 
Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat :-) 

0 komentar:

Posting Komentar