ANDI SURYANTO

Senin, 04 Maret 2013

ngayah bersama di pura puncak agung macan putih

antusiasme para pradah dan umat hindu di lereng gunung raung patut di acungi jempoll. . serentak malaksanakan kegiatan ngayah bersama di rowo bayu (3 maret 2013), ngayah di rowobayu di laksanakan sehubungan dengan di laksanakannya upacara melasti menjelang hari raya nyepi yang jatuh pada tanggal 12 maret 2013 adapun melastinya di laksanakan pada tanggal 9 maret di pura puncak agung macan putih rowo bayu, songgon, banyuwangi.


Hampir seluruh lokasi rowo bayu bersih seketika karena bagitu banyaknya tenaga yang ikut menyumbangsihkan tenaganya pada saat ngayah kemaren (3 maret 2013). Ada yang menyapu sampai mengitari seluruh rowo dan ada juga yang memotong dan memangkas rumput yang rimbun dan bersemak di sekitar rowo bayu, ada yang membersihkan pura puncak agung macan putih dan sebagian lagi ada yang membuat tempat banten atau sesaji untuk melasti besok.
setelah sukses melaksanakan upacara melasti sendiri pada tahun kemaren yang pesertanya hanya sekecamatan songgon saja, kini nampaknya akan menjadi lebih meriah dengan bergabungnya pura-pura yang ada di lereng gunung raung. kurang lebih sekitar 15 pura dan kabarnya akan di pimpin oleh Bopo Pandita Giri Dharma Arsa dari purwoharjo, banyuwangi, jawa timur.
setelah ngayah selesai di rowo bayu kemudian para peradah mampir di pura Tirta Jati untuk rapap rutin para peradah dan juga membahas tentang pelaksanaan upacara melasti besok, ternyata para peradah memiliki peranan yang begitu setrategis dimana berbagai hal di handle langsung oleh peradah, sippp temen-temen lanjutkan perjuangan untuk hindu yang lebih baik.































semoga pelaksanaan melasti di rowo bayu besok akan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti dan semoga kerja keras semua sektor yang mengusahakan supaya pelaksanaan melis berjalan dengan lancar mendapatkan pala dan waranugraha dari Ide Sang Hyang Widi Wasa
ucapan terimakasih kepada pemerintah dan perhutani yang mana telah memberi ijin dan dukungan kepada panitia. .

0 komentar:

Posting Komentar