ANDI SURYANTO

Minggu, 08 Maret 2015

Pura Tirta Jati



Pura Tirta Jati berada di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu Kecamatan Songgon – Banyuwangi. Pura ini merupakan salah satu dari pura yang ada di lereng Gunung Raung.

Berbeda dengan layaknya pura yang ada di bali, bentuk pelinggih di pura ini sangatlah sederhana dengan corak bangunan jawa yang mendominasi di setiap bangunan yang ada, bentuk bangunan utama merupakan padmasana yang bersebelahan dengan patung sabdo palon naya genggong, Sabdo Palon adalah pandita dan penasehat Brawijaya V, penguasa terakhir yang beragama Hindu dari kerajaan Jawa yaitu pada tahun 1453-1478. Sabdo Palon merupakan penguasa yang memiliki kedaulatan spiritual, yaitu penguasa yang agung dan disegani rakyat, sedangkan nayagenggong adalah sama-sama penasehat Brawijaya V. Nama sabdo palon sering di sebut dalam Serat Darmaghandul ( Suatu tembang macapat ), mungkin inilah salah satu alasan mengapa pura tirta jati menggunakan sabdo palon naya ginggong untuk menjadi simbol keberadaannya.


Umat hindu yang beribadah di tempat ini hanyalah sekitar 15 kepala keluarga dan mereka merupakan kaum minoritas di Desa Bayu Kecamatan Songgon Banyuwangi,  yang di pimpin oleh Romo Mangku Saji dan seorang yang di segani atau yang dituakan (Sesepuh) bernama Pak Bohari, namun meskipun minoritas semangat umat hindu disana dalam rangka menjaga kerukunan antar umat beragama mendapat apresiasi dari berbagai pihak baik pemerintah, tokoh masyarakat maupun tokoh agama setempat yang tercermin pada setiap perayaan hari raya hindu yang di laksanakan di tempat ini.


Di bawah pelinggih terdapat sumber mata air yang di keramatkan bernama sumber Semurup, sumber inilah yang menjadi Petirtan dalam setiap ibadah yang di laksanakan di pura Tirta Jati dan saat ini sedang di laksanakan pembangunan di Sumber mata air ini atas bantuan hibah dana dari pemda Banyuwangi. 

1 komentar:

  1. Mudah-mudahhan pembangunan pura ini lancar, dan semua warga penyungsung menemui kecerahan dan pencerahan dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa (dari seorang Bali, Gerokgak Bali : I Made Merta)

    BalasHapus