ANDI SURYANTO

Rabu, 30 Januari 2013

wana wisata rowo bayu

rowo bayu adalah salah satu wisata yang ada di banyuwangi dan masih alami dan memiliki pemandangan yang indah. tepatnya ada di dusun sambung rejo, desa bayu, kecamatan songgon, banyuwangi-jawa timur. rowo bayu adalah sebuah danau yang terbentuk secara alami. nama rowo bayu sendiri di berasal dari kata "rowo" yang artiya danau dan "bayu" karena berada di desa bayu.
rowo bayu adalah wisata yang di sukai oleh kaum muda mudi yang sedang di mabuk asmara karena di rowo bayu tempatnya sangat setrategis untuk pacaran :D sedikit info nie.... tpi jngan macem macem yha.
setiap tahunnya, tepatnya setiap bulan desember akan selalu ada banyak warga banyuwangi yang berkumpul di sana bahkan para pejabat daerah selalu hadir untuk mengikuti meriahnya acara napak tilas yang di selenggarakan oleh panitia setiap bulan desember yang merupakan hari jadi banyuwangi atau HARJABA.
kenapa harus rowo bayu..???? yha jelas harus rowo bayu karena dulu pada tahun 1771 terjadi perang puputan bayu "perang habis habisan" antara warga sekitar dengan belanda. meski dengan berbekalkan bambu runcing dan senjata sederhana dan seadanya para pahlawan 45 tiada gentar melawan geranat dan bom orang belanda. meski harus mengorbankan emas seberat 6 ton "katanya" tapi perlawanan ini mampu memundurkan belanda.

selain di kenal dengan panoramanya yang indah, rowo bayu merupakan wisata spiritual (bukan hanya untuk satu agama tapi semua agama) yang di percaya masih banyak leluhur yang ada di tempat ini, terbukti pada malam-malam tertentu orang-orang yang yang melek'an di sana untuk maksud maksud tertentu. kebanyakan adalah mereka yang berserah diri pada tuhan untuk menjalani pengobatan, atau mereka yang sedang terkena masalah dan ingin menenangkan diri serta mencri pencerahan.
tak sedikit dari mereka yang di beri kesembuhan atas apa yang mereka percaya. itu tidak mustahil karena "karena kita adalah apa yang kita percaya" dan rowo bayu hanya sebagai mediasi atau lantaran untuk mewujudkannya.

setiap tahun para umat hindu setempat melaksanakan upacara melasti "melis" untuk menyambut datangnya hari raya nyepi dan melaksanakan catur brata pennyepian, terdapat satu candi yang bernama "puncak agung macan putih" dan terdapat 3 mata air utama "1. sumber kaputren, 2.sumber dewi gangga, dan 3.sumber kamulian"
rowo bayu di jaga oleh 2 juru kunci 1.mbah  saji, dan 2. mbah Jinis

sekian dulu yha para sobat tunggu postingan saya berikutnya :D












by. andi putrabayu "andi suryanto"





0 komentar:

Posting Komentar